Iron & Steel Making

Iron & Steel Making

Senin, 02 Maret 2015

Catatan Akhir Bekerja di YPMI



Bisa bekerja di Perusahaan bonafit setelah lulus kuliah dan sesuai bidang jurusan merupakan hal terindah bagi kalangan fresh graduate. Puji Tuhan saya diberikan kesempatan itu, sebelum sidang kelulusan Tugas Akhir kuliah (skripsi) saya sudah diterima di PT. Yamaha Motor Parts Manufacturing Indonesia sebagai Engineer.

Diawali dengan Final Assesment yaitu proses diklat dengan tentara selama 2 hari yang cukup melelahkan, disini saya sudah terbiasa saat ospek kuliah yang lebih melelahkan. Hari pertama difokuskan pada latihan fisik dan hari kedua melatih pikiran serta kebersamaan. Setelah selesai masih ada proses KIZUKI (ketrampilan origami) disini melatih daya kreatifitas dan ketrampilan peserta untuk bisa diterapkan di pekerjaan nanti. Tahap terakhir yaitu orientasi oleh HRD menjelaskan pengetahuan umum perusahaan.

Hari yang ditunggu telah tiba, hari pertama mulai bekerja sebagai Production Engineer. Dimulai dari perkenalan dengan supervisor dan manager bagian menjelaskan sebulan kedepan ada program OJT (On Job Training) di setiap bagian produksi dari awal (Receiving Parts) sampai akhir (Painting Wheel). Sebagai Fresh Graduate mungkin bingung mau ngapain dan bertemu siapa, disini saya merasa sangat butuh bimbingan akan tetapi proses ojt diwajibkan mandiri. Alhasil saya bersama teman sering duduk tanpa tujuan dan arahan.

Sebulan OJT tak terasa, saya mulai semangat untuk mencari ilmu lapangan dengan jobdesk yang akan diberikan oleh atasan. Hari demi hari tak terasa saya lalui, awalnya saya ditempatkan bagian gravity casting kemudian di awal tahun 2014 dipindahkan ke maintenance mould dan terakhir dipindakan lagi di bagian improvement casting. Pada dasarnya pekerjaan sama saja berhubung secara teori telah saya dapatkan selama kuliah tetapi dengan berpindah tempat divisi maka perlu beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang baru. Selama bekerja saya banyak belajar banyak dan mendapatkan ilmu baru terutama dalam menganalisa masalah produksi, improvement proses casting agar cycle time lebih cepat untuk meningkatkan kapasitas produksi dan costdown produksi serta menurunkan losstime produksi. Selain itu saya juga belajar memahami karakter orang yang berbeda-beda dalam bersosialisasi, saya dilatih untuk pendekatan persuasif terlebih dahulu baru agar lebih mengenal lebih jauh sebelum kita meminta bantuannya.



Selama menjalani rutinitas pekerjaan tak lupa diselingi jalan-jalan saat akhir pekan, tujuannya untuk refreshing agar pikiran tidak mudah stress. Adapun tempat yang sudah saya kunjungi antara lain permandian air panas puncak darajat Garut, Paintball di Lembang Bandung, Outbound di daerah puncak, dan terakhir di pulau pari kepulauan seribu. Banyak momen yang berkesan dan akan menjadi kenangan terindah selama bekerja di perusahaan otomotif. 10 bulan telah berjalan dan saatnya saya diputuskan menjadi karyawan tetap atau putus kontrak, dengan segala upaya pembelajaran dan pekerjaan saya ternyata diangkat sebagai karyawan tetap. Disini saya merasa bahagia dengan mentraktir teman-teman staff engineer yang sudah membantu dan mendukung segala pekerjaan saya selama ini. Puji Tuhan management telah mempercayai saya



Akhir tahun telah dekat ada hal yang sangat saya nantikan yaitu bonus akhir tahun, memang perusahaan otomotif penjualan produknya sangat tinggi maka saat tutup buku akhir tahun akan membagikan keuntungan ke seluruh karyawannya. Saya Cuma bisa bersyukur Puji Tuhan atas rejeki yang Engkau berikan ini semoga bermanfaat bagi diriku dan orang lain terutama saya ingin membahagiakan kedua orangtuaku. Nilai akhir tahun juga dibagikan, saya berekspektasi bisa mendapatkan nilai A karena sebelumnya memang kita diwajibkan menilai diri sendiri secara objektif tetapi hasil akhir keluar tidak sesuai ekspektasi yang memang nilai subjektif. Disini saya merasa sedih mengingat segala perjuangan saya dan sempat tidak terima, tetapi saya mencoba berpikir positif dan tetap bersyukur.

Pekerjaan di tahun baru 2015 ternyata semakin banyak dan penuh tantangan, tetapi saya mengalami kejenuhan karena masalah produksi yang timbul merupakan hal yang sama dan berulang. Jadi masalahnya hanya kurang pemeliharaan dan penjagaan man power, terbesit saya ingin pindah tempat kerja karena saya merasa tidak berkembang akan pembelajaran baru yang bisa saya pahami. Tepat di pertengahan Januari saya mendapatkan kabar diterima sebagai PNS di Kementerian RISTEK – LIPI.. Puji Tuhan terima kasih atas berkatmu yang sungguh melimpah, sesampai dirumah saya langsung ceritakan kepada orangtua kabar baik ini. Pertimbangan terkuat saya adalah lokasi tempat kerja yang dekat rumah (serpong) dan sangat sinkron dengan pendidikan S2 yang dijalani saat ini. Langsung orang tua menyetujui rencana saya dan mendukung penuh kepindahan kerja saya. Terima Kasih Tuhan Yesus

Dari minta persetujuan manager terhadap rencana resign yang cukup sulit sampai farewell akan sedikit saya ceritakan. Dimulai dari obrolan sore hari setelah pulang kerja saya beranikan diri menghadap managerku, terkejutlah managerku mendengar rencanaku ingin fokus penelitian. Karena memang hubunganku sudah dekat dan ingin diproyeksikan sebagai penerusnya hehe.. dengan segala usaha managerku mempertahankanku saya pun tetap tidak goyah dan akhirnya memutuskan untuk mentandatangan surat resignku dengan berat hati. Disini saya merasa sedih, tetapi show must go on ini sudah jadi target hidupku semoga menjadi pilihan terbaikku.

Detik-detik menjelang hari terakhir-ku bekerja (selama 20 bulan), saya sudah tidak fokus bekerja walau orang produksi sangat membutuhkan bantuanku di lapangan. Saya cuma menjelaskan sekaligus pamit ke teman-teman produksi serta staff engineering rencana kepindahan saya, hal tersebut cukup mengagetkan mereka karena faktor kedekatan kami. Banyak yang mendoakan saya bisa sukses di tempat lain, ada yang meminta foto bareng dengan saya buat kenang-kenangan dan membuat saya merasa terharu. Sebagai kado terakhirku saya undang teman untuk makan bersama berbagi kebahagiaan, doaku semoga teman-teman engineering & produksi semakin sukses, lancar rezeki dan YPMI semakin di depan. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan selama ini dan mengucapkan terima kasih banyak kepada segenap management YPMI terutama manager dan staff engineer yang sudah banyak membantu saya dalam pekerjaan.



Thank's YPMI, Salam Engineering sukses selalu,
Satrio Herbirowo

10 komentar:

  1. Dari dlu PE atopun staff gda yang betah di Ypmi...
    Apakah gerangan...

    BalasHapus
  2. Menurut saya, bukan istilah gak betah mas Hasbi tapi ada banyak faktor yaitu mendapatkan perusahaan lebih baik (gaji lebih besar) atau memang tidak betah dengan lingkungan kerja. Kalau perusahaan tegas membuat betah karyawan gampang. Berikan saja training and development buat karyawannya lalu buat ikatan dinas jangka waktu panjang. Karyawan pasti betah

    BalasHapus
  3. Pak saya mau tanya, saya sudah lolos final assement di tanggal 20 mei 2017 tapi di suruh nunggu panggilan untuk kizuki tes di pertengahan juli sampai awal agustus 2017 nanti, itu sudah pasti di terima belum ya pak ? Mohon fast respon nya bapak☺

    BalasHapus
  4. Sukses selalu kawan.
    Aku juga lagi proses buat tesis, selancar cari profil ypmi malah ktemu blog mu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas salam sukses

      semoga bisa berjumpa dilain waktu

      Hapus
  5. Mantap, kiat buat jadi kartap d ypmi apa ajah mas satrio? Saya baru mau masuk bulan inh

    BalasHapus